Watampone, (Humas MAN 1 Bone) – EMIS (Education Management information System) merupakan sistem manajemen data pendidikan islam yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan islam pada kementerian Agama. EMIS adalah basis pangkalan data pendidikan islam.

Berkaitan dengan ini, maka setiap sekolah atau madrasah akan melakukan penginputan data siswa, guru dan tenaga kependidikan. Penginputan ini dilakukan oleh seorang operator yang telah ditunjuk untuk bertanggung jawab terhadap data Emis. Di MAN 1 Bone, data emis dikelola oleh Hamdan selaku operator emis.

“Penginputan data emis akan lancar kalau data yang diperlukan tersedia, seperti data pribadi siswa, guru dan tenaga kependidikan” ungkap Hamdan. Penginputan data emis bisa  dilakukan setiap hari, akan tetapi puncak penginputan yaitu setelah penerimaan siswa baru di sekolah atau madrasah. Hal ini karena data yang akan diinput harus dimulai dari awal. Sedangkan untuk data kelas XI dan XII hanya berupa perbaikan.

Adapun  tujuan EMIS agar sekolah atau madrasah dibawah naungan kementerian agama menjadi lebih muda untuk melaporkan perkembangan sekolahnya. Sedangkan manfaat dengan adanya EMIS yaitu memudahkan untuk mencari data yang valid berkaitan dengan madrasah, pondok pesantren dan perguruan tinggi. (Syukur/Rini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *