PKKM MAN 1 Bone Tahun 2021

Watampone, (Humas MAN 1 Bone) – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

“PKKM merupakan Amanah SK dirjen sebagai pengganti bahwa tugas kepala sekolah/madrasah bukan lagi sebagai seorang tenaga pendidik” Ungkap Abdul Samad. Menurut SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian kinerja madrasah, bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian.

Adapun lima komponen penilaian antara lain usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dan hasil kinerja kepala madrasah.

Mengenai PKKM Tahun 2021 di MAN 1 Bone dilakukan pada Senin (27/12/2021) di Ruang Dewan Guru MAN 1 Bone. PKKM MAN 1 Bone dilakukan oleh Pengawas Madrasah Abdul Latif dan Abdul Samad. Kegiatan PKKM dimulai dengan sambutan oleh kepala MAN 1 Bone Abbas Katutu kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari pengawas Abdul Latif.

Selanjutnya penilaian dimulai dengan pembacaan komponen penilaian oleh pengawas Abdul Samad dan dilanjutkan oleh pembacaan butir butir penilaian oleh salah satu guru yaitu Marshal Ashari. Butir penilaian dibaca satu persatu kemudian langsung diberikan nilai oleh pengawas.

PKKM yang dilakukan untuk Kepala madrasah Abbas Katutu tahun ini memasuki tahun kedua. Tahun ini, Kepala madrasah Abbas Katutu memperoleh nilai Sangat Baik dari pengawas. Penilaian ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja kepala madrasah serta prestasi madrasah. (Rini/Syukur)

Leave A Comment