Guru MAN 1 Bone mewakili Kabupaten Bone Pada Kegiatan Pelatihan FasDa

Watampone, (Humas MAN 1 Bone) – Fasilitator daerah atau yang lebih dikenal dengan fasda merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Agama untuk merekrut guru-guru terbaik yang akan menjadi pelatih kegiatan PKB guru di KKG/MGMP/MGBK.

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang FasDa yaitu menyusun silabus pelatihan PKB guru sesuai dengan pola yang ditentukan, menyusun skenario pelatihan, melatih guru PKG/MGMP/MGMP baik moda tatap muka maupun moda daring dengan menggunakan modul yang sudah disiapkan, mendampingi guru di KKG/MGMP/MGBK maupun di madrasah, dan memfasilitasi peserta mempelajari modul.

Tahapan proses seleksi FasDa meliputi seleksi administrasi, seleksi akademik/kompetensi dan seleksi wawancara. Ketiga tahapan inilah yang telah dilewati oleh guru-guru MAN 1 Bone sehingga mampu mengikuti pelatihan FasDa. Selanjutnya, para peserta mengikuti pelatihan calon fasilitator daerah tahapan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) untuk jenjang Madrasah Aliyah.

Pada kesempatan ini, Hasniar Guru Matematika MAN 1 Bone mewakili Kabupaten Bone untuk mengikuti FasDa mata pelajaran matematika di Kota Makassar tepatnya di Hotel Arya Duta. Hasniar tergabung di Zona 3  bersama dengan peserta 16 peserta lain dari Kota Makassar, Bone, Sinjai, Bulukumba, Gorontalo, Wajo, Gowa, Enrekang dan Pangkep. Pelatihan ini dibuka secara resmi pada Kamis (7/10/2021) dan akan berlangsung sampai Senin (11/10/2021). (Rini/Syukur/Ahdi)

Leave A Comment